SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Minggu, 16 Maret 2008

Mohon Maaf, Pelebaran Jalan Hanya Sepanjang 1,4 Kilometer

Laporan: Ridwan Putra

PAREPARE---Rencana proyek pelebaran jalan Maros-Parepare yang awalnya jalan di Parepare akan dilebarkan 23 meter dengan panjang 15 kilometer batal dilaksanakan sesuai ukuran perencanaan.

Berdasarkan hasil pertemuan koordinasi Pemkot Parepare dengan pihak provinsi pada 10 Maret lalu, pemkot terpaksa hanya akan menambah lebar jalan menjadi 18 meter saja dan panjangnya hanya 1,4 kilometer.

”Kalau lebarnya 23 meter dan panjang sekitar 15 kilometer maka biaya pembebasan lahannya sangat besar dan pemerintah Kota Parepare tidak memiliki anggaran besar untuk pembebasan lahan tersebut karena tidak ditanggung oleh pemerintah pusat,” kata Mustafa Mappangara, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah (bappeda) Parepare, baru-baru ini.



Disebutkan mantan Manajer Persipare Divisi Satu ini, proyek pelebaran jalan di Parepare hanya akan dimulai dari perbatasan Parepare-Barru hingga Terminal Induk Lumpue. Lebar jalan sebelumnya akan ditambah tiga meter.

Bagian kiri dan kanan jalan ditambah 1,5 meter untuk dibangun trotoar di atas drainase. “Pembangunan trotoar dan drainase ini yang akan dibebaskan karena kena masuk dalam lahan milik masyarakat,” tambahnya.

Secara rinci, pelabaran jalan sepanjang 1,4 meter tersebut akan terdiri dua jalur dengan tanggul pemisah di tengahnya berukuran satu meter. Sementara masing-masing jalur memiliki lebar tujuh meter dengan dua alur jalan masing-masing.

Harapkan Bantuan Pusat

Pemerintah Kota Parepare sendiri berharap kepada pemerintah pusat agar memberikan bantuan dana untuk pembebasan lahan jika proyek tersebut ingin dikerjakan sampai 15 kilometer dengan lebar 23 meter.

Sebab, menurut Mustafa, jika opsi awal proyek pelabaran jalan yang diajukan pemkot itu terealisasi, maka jarak tempuh menggunakan kendaraan dari Parepare ke Makassar akan lebih efektif dan mudah dicapai dengan waktu sekitar dua jam saja.

Proyek pelebaran jalan nasional Maros-Parepare tersebut rencanya mulai dikerjakan 15 April mendatang berdasarkan hasil koordinasi pemkot-provinsi dan Balai Besar Makassar.