SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Kamis, 21 Februari 2008

Puting Beliung Hantam 18 Rumah

Laporan: Arif Saleh

PAREPARE---Sedikitnya 18 rumah warga di Pesisir laut Cempae, Kecamatan Soreang Parepare, dihantam angin puting beliung hingga rusak sekitar pukul 7.30 pagi, kemarin.

Berdasarkan pantauan SINDO, puluhan rumah yang terkena puting beliung, rata-rata mengalami kerusakan pada atap rumah yang berterbangan, serta sebagian dinding rumah rusak, akibat angina kencang yang berlangsung sekitar tiga menit. Salah seorang korban, Ikhsan, menuturkan, angin yang menghantam atap rumahnya terjadi sesaat saja, saat angin yang dilihatnya berputar kencang. “ Itu angin berputar-putar dari laut, yang warnanya kehitaman dari jauh. Saya kaget sekali melihat angin itu, dan saya memilih mencari tempat aman. Lutut saya gemetaran melihatnya. Ini berlangsung sekitar tiga menit saja pak,” katanya saat ditemui di sela-sela lokasi beberapa rumah yang rusak akibat putting beliung, kemarin.



Korban lainnya, Hasniah, menambahkan, angin yang menerbangkan beberapa atap rumahnya, terjadi begitu cepat. Bahkan, cucunya yang berusia 1 tahun sempat terkena tiang rumah yang terjatuh, saat berada di dalam rumah “ Hampirki cucuku kasihan nakena itu tiang. Seandainya, tidak cepatki bapaknya (suami) menggendongnya, saya tidak tahu apami yang terjadi. Karena itu angin berputar-putar, saya lihat persis datang secara cepat,” katanya sambil memperlihatkan cucunya.

Wakil Wali Kota Parepare, Tajuddin Kammisi yang meninjau lokasi kejadian, meminta kepada aparat pemerintahan, mulai dari RW, Lurah dan Camat untuk melakukan invetaris jumlah korban dan kerugiannya, sebelum dibantu oleh Pemkot Parepare. Menurutnya, bantuan kepada korban harus secepatnya dilakukan, karena mereka sangat membutuhkan. “ Saya minta kalau bisa hari ini (kemarin) juga datanya sudah ada. Biar cepat dibantu, karena mereka sudah membutuhkannya,” harap Tajuddin saat melakukan kunjungan.

Ditempat yang sama, Camat Soreang, Rasdi Adam melaporkan, jumlah rumah rusak akibat angina putting beliung, untuk sementara masih tercatat sekitar 10 rumah. “ Kita masih terus melakukan inventaris jumlah rumah dan kerugiannya. Baru ada sekitar 10 rumah yang kita catat rusak. Tapi ini pasti bertambah, karena belum didata semuanya. Baik yang rusak maupun kerugiannya, ” sebut Rasdi.

Sementara itu, DPD II Golkar Parepare secara langsung turun ke lokasi memberikan bantuan uang tunai kepada 18 korban angin puting beliung di dua RW di kelurahan tersebut. Salah seorang warga, menyebutkan, sumbangan partai Golkar langsung diserahkan ke masing-masing korban yang berjumlah 18 orang. Selain itu, Wakil Ketua DPRD Parepare, Ridha Ali yang didampingi anggota DPRD Parepare, Rahman Saleh juga datang di lokasi menemui korban angina putting beluing.

Sekedar diketahui, angin puting beliung merupakan yang ketiga kalinya terjadi selama Februari 2008 ini. Putting beliung pertama dan kedua menghantam puluhan rumah di tiga kelurahan. Masing-masing Bukit Indah 16 rumah, Labukkang 7 rumah dan Sumpang 4 rumah.