SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Sabtu, 09 Februari 2008

LGSP Adakan Pelatihan Pengembangan Kapasitas di Parepare

Laporan: Arif Saleh

PAREPARE---Local Government Support Program ( LGSP) yang merupakan salah satu lembaga donor, berencana akan melakukan pelatihan pengembangan kapasitas (Capacity Buliding) di Parepare. Hal tersebut terungkap ketika Head South Sulawesi Office LGSP-USAID, Didiek Hadiprabowo melakukan audience dengan Pemerintah Kota Parepare yang diterima Sekretaris Daerah Kota, Abd Rahim Rauf, di ruang kerjanya, Rabu (6/2).



Menurut Didiek Hadiprabowo, dipilihnya Parepare sebagai tempat Pelatihan capacity building, disebabkan pemerintah pusat menilai Pemerintah Parepare telah melakukan reformasi di bidang pemerintahan dan hasilnya sudah nampak. Selain itu, di lingkungan forum lembaga donor, Parepare menempati nilai yang tinggi dalam melakukan perubahan. " Parepare memang menjadi tujuan pelatihan ini bersama tiga daerah lain di Indonesia, yaknih Kabupaten Boyolali, Kabupaten Deli Serdang dan Kota Kediri. Jadi hanya ada empat kabupaten/kota yang menjadi wilayah percontohan, “ ujarnya.

Dirjen Otonomi Daerah Depdagri RI, Sudjoangon Situmorang, dalam suratnya yang ditujukan kepada Wali Kota Parepare nomor 094/138/OTDA 24 Januari 2008, menyebutkan kegiatan ini bertujuan menggali informasi dan mempelajari program pengembangan kapasitas di daerah. Informasi ini akan menjadi bahan masukan terhadap konsep kerangka nasional capacity building yang mendukung desentralisasi dan pemerintahan daerah yang sedang disusun dalam Peraturan Presiden.

Sekkot Parepare, Abd Rahim Rauf, menyambut gembira atas dipilihnya Parepare sebagai tempat pilihan capacity building ini. “ Saya kira ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi Parepare, karena tidak semua daerah dipercaya mengadakan kegiatan ini. Tentu kami mendukung pelatihan ini, “ ungkapnya.