SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Selasa, 18 Maret 2008

Dinas PKS Naketrans Tunggu Penyampaian Deportasi

Laporan: Hamzah

SIDRAP---Upaya pemulangan (Deportasi,red) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke daerah masing-masing yang marak diberitakan belakangan ini ternyata secara resmi belum disampaikan ke sejumlah daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Sidrap. Hal itu terbukti di informasi tersebut belum sampai ke Dinas PKS dan Nektrans Kabupaten Sidrap.

Kepla Bidang Tenaga Kerja, Dinas PKS dan Naketrans, Drs Zainal Abidin mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mendengar kabar adanya proses pemulangan TKI tersebut. Padahal pada tahun sebelumnya ketika ada upaya pemulangan seperti itu selalu di dahului oleh penyampaian ke Dinas terkait untuk melakukan tindakan.

"Mungkin waktunya belum dekat, kemungkinan juga masih sebatas wacana sebab jika memang ada upaya deportasi minimal satu minggu sebelum deportasi kita sudah diberitahukan,"jelasnya.



Selain itu Zainal menyebutkan bahwa meskipun belum ada penyampaian ia mengaku tetap bersiap-siap sambil menunggu penyampaian resmi terkait upaya pemulangan TKI tersebut. Seperti tahun-tahun sebelumnya pihaknya dalam membantu para TKi yang dideportasi tersebut biasanya menyediakan transportasi untuk menjemput ke pelabuhan.

"Nah disini kita biasa agak kecewa sebab ketika kita hendak menjemput para TKi itu, tidak ada yang mau mengaku, mungkin karena malu makanya biasanya kita pulang sia sia atau meskipun ada yang kita bawa pulang itu tidak seberapa dari data yang disampaikan,"tarangnya.

Disinggung soal jumlah TKI yang mendaftar di Dinas PKS dan Naketrans, Zainal mengaku sepanjang tahun 2007 hanya tercatat 17 orang yang melapor. Dan untuk tahun 2008 belum ada laporan masuk. Dengan jumlah yang hanya 17 orang yang tercatat resmi itu, Zainal mengaku jika jumlah TKI ketika pemulangan berada diatas jumlah 17 orang itu pertanda bahwa TKI ilegal asal Sidrap juga marak.

"Yang melapor itu tidak seberapa, tapi biasanya ketika pemulangan jumlah TKI justru jauh lebih besar, makanya kita siap-siap saja dan menunggu penyampaian resmi," kuncinya.