SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Rabu, 27 Februari 2008

Si-Jago Merah Kembali Lahap Rumah Warga

Laporan: Ridwan Putra

PAREPARE---Kebakaran kembali terjadi di Kota Parepare dalam dua bulan terakhir ini. Kali ini melahap sebuah rumah di Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki, Kamis (28/2).

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 dini hari yang diduga disebabkan terjadi akibat korslet atau percikan arus pendek yang menyebabkan munculnya api dari kabel listrik lalu melahap bagian rumah yang terbuat dari kayu.

Dari informasi warga dan pemilik rumah, penyebab kebakaran akibat arus pendek atau koslet. "Saya curiga, ini terjadi karena adanya pergantian pemasangan kabel baru jaringan listrik di setiap rumah warga sejak dua pekan lalu oleh pihak kontraktor," kata Ketua RW III Kelurahan Sumpang MInangae, Adhar Turang.




Hal senada diungkapkan pemilik rumah yang menjadi korban kebakaran, Adrah (40). "Kalau menurut saya, mungkin penyebabnya dari kabel listrik di rumah saya karena saat terjadi kebakaran, saya dan anak-anak saya memang tidak bermalam di rumah," katanya.

Adrah, janda yang memiliki lima anak itu, mengaku saat kejadian ia tidak berada di rumahnya bersama anak-anak dan sanak famili lainnya. Seperti biasa, setiap malam ia tinggal di rumah anaknya sambil menjaga cucunya yang juga berdampingan dengan rumahnya.

"Cuma kalau siang, saya sama anak-anak dan keluarga lain tetap tinggal di rumah. Saat terjadi kebakaran, saya tahu setelah ada tetangga yang berteriak rumah saya di
luar terbakar ketika saya bangun hendak berwudhu," terangnya.

Korban mengaku tak ada harta berharga yang ikut terbakar pada kebakaran yang menghanguskan seisi rumahnya itu. Hanya alat elektronik berupa sebuah radio dan satu pasang speaker berada di dalam rumah yang ikut terbakar.

Bantuan calon
Usai kejadian, beberapa pengurus PKS seperti legislator Iqbal Chalik dan calon wakil wali kota dari PKS Abd Rahman Saleh dating mengunjungi korban sekaligus memberikan bantuan materi kepada Adrah sekitar pukul 11.00.

Tidak lama berselang, rombongan kunjungan kerja Wali Kota Parepare M Zain Katoe juga menyusul mengunjungi lokasi kebakaran dan memberika bantuan kepada korban setelah sebelumnya Zain meninjau pelatihan pembuatan batik di Kelurahan Cappa Galung.