SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Senin, 10 Maret 2008

Terminal Bayangan Ditertibkan, Sopir Protes ke Dewan


Laporan: Darwiaty

PINRANG---Tim gabungan penertiban angkutan darat pemerintah Kabupaten Pinrang yang terdiri dari Dinas Perhubugan, Dinas Trantib, Polres Pinrang, terus melancarkan penertiban terminal bayangan di wilayah tersebut. Namun, program penertiban tersebut mendapat tantangan dari kalangan sopir panter. Puluhan sopir trayek Pinrang -Makassar kembali mendatangi DPRD Pinrang.

Kahadiran puluhan sopir panter di DPRD Pinrang tersebut, yang diterima sejumlah anggota dewan, untuk meminta kebijakan terkait aturan pelarangan terminal banyangan. Salah satu juru bicara sopir angkutan Pinrang -Makassar tersebut, Fendy, menjelaskan, pihaknya mengharapkan pemerintah daerah dapat memberikan kebijakan pada sopir panter untuk menunggu penumpang di sekitar Jalan Sudirman (Poros Pinrang-Makassar).



Dia menjelaskan pihaknya mengharapkan ada ruang atau lokasi untuk menuggu penumpang diluar terminal, karena pada umunya penumpang enggang masuk terminal. "Terus terang pak, kami sulit mendapatkan penumpang kalsu masuk terminal. Penumpang tujuan Pinrang-Makasar pada umunya menunggu penumpang dibagian selatan kota," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Pinrang HM Kudri, mejelaskan penertiban terhadap teriminal bayangan yang dilakukan pihaknya merupakan bentuk realisasi dari pada aturan yang ada. Kudri mengatakan, untuk menertibkan terminal banyang, tidak ada lagi toleransi bagi sopir untuk menunggu penumpang selain di terminal yaitu terminal Paleteang dan terminal lama samping pasar sentral. "Demi ketertiban, tidak diperbolehkan lagi ada terminal bayangan dan itu sudah tidak ada toleransi," katanya

Dari pertemuan sejumlah sopir dan pihak pemerintah Kabupaten Pinrang tersebut, Salah satu anggota DPRD Pinrang, H Ramadhan AZ Rahman, menjelaskan apa yag dilakukan tim gabungan dalam menertibkan terminal bayangan itu untuk menjalankan aturan yang ada. Olehnya itu, harapan sopir agar ada lokasi untuk menunggu penumpang dibagian selatan kota Pinrang, pihaknya akan membicarakan dengan pihak pemerintah daerah. "Kita upayakan ada lokasi terminal dibagian selatan kota Pinrang, kita akan bicarakan dengan pihak pemerinah daerah," katanya saat menanggapi harapan para sopir tersebut.