SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Rabu, 13 Februari 2008

A Walahuddin Cabup Paling Populer

Laporan: Syahlan

SIDRAP---Dari hasil survei yang dilakukan oleh The Inquire Institute Jakarta dan DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sidrap untuk menguji kepopuleran bakal calon bupati kepada 440 orang responden yang dipilih secara acak di seluruh kecamatan, desa dan kelurahan di Sidrap, yang diselenggarakan pada 30 Januari hingga 4 Februari 2008, menempatkan A Walahuddin sebagai Cabup yang paling populer.


Kepala Bappeda Sidrap itu mendapatkan nilai 79,2 persen dari total responden yang disurvei. Sementara posisi kedua ditempati oleh Syafiuddin A Achmad yang mendapatkan nilai sebesar 75,1 persen, menyusul Rusdi Masse yang memperoleh nilai sebesar 65,4 persen dari total jawaban responden.

Menurut Ketua DPD PAN Sidrap, tiga Balon Bupati Sidrap yang paling populer itu akan diajukan ke rapat pleno internal DPD PAN untuk menentukan dua calon yang akan diusulkan ke DPW PAN Sulsel. ”Rapat pleno untuk membahas hasil survei tersebut akan dilaksanakan secepatnya,” jelas Baharuddin Andang.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Anggota DPRD Sidrap itu bahwa, setelah usulan DPD PAN dibahas di DPW, maka akan dihasilkan satu calon yang akan diusung dalam Pilkada tahun ini. Sementara ketika disinggung mengenai peluang A Walahuddin untuk diusung oleh PAN, Baharuddin Andang belum mampu memberikan jawaban yang pasti.

”Segala sesuatunya bisa saja terjadi. Namun melihat konstelasi politik yang berkembang saat ini di Sidrap, kemungkinan besar kita akan mengusung A Walahuddin,” jelas Anggota DPRD Sidrap itu, yang juga menjelaskan tentang kecenderungan Koalisi Kerakyatan yang akan mengusung A Walahuddin.

Selain melakukan survei untuk mengetahui tingkat popularitas Balon Bupati Sidrap, The Inquire Institute Jakarta dan DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sidrap juga menanyakan kepada responden tentang ”pengenalan responden terhadap Balon Bupati Sidrap”. Dari jawaban responden diketahui A Ranggong jauh lebih populer dibandingkan figur yang lain. Dari 440 responden, 96,3 persen diantaranya mengaku kenal dengan Bupati Sidrap itu. Namun beberapa waktu yang lalu, mantan Kedua DPRD Sidrap itu telah menyatakan untuk tidak akan berkompetisi pada Pilkada Sidrap tahun ini.

Sementara A Walahuddin mengantongi 92 persen atau berada di posisi kedua, dari penilaian tingkat pengenalan warga terhadap figur yang disebut-sebut akan berkompetisi pada Pilkada Sidrap. Posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati oleh Syafiuddin A Achmad dan Rusdi Masse yang mengantongi nilai 87,2 persen dan 80,3 persen.

Hasil Survei The Inquire Institute Jakarta terhadap tingkat kepopuleran Balon Cabup Sidrap;

1. A Walahuddin - 79,2 persen
2. Syafiuddin A Achmad - 75,1 persen
3. Rusdi Masse - 65,4 persen
4. A Ranggong - 64,8 persen
5. Rapiddin Hamoes - 54,5 persen
6. Musyafir AN - 43,9 persen
7. Baharuddin Andang - 15, 3 persen
8. Saputra Paita - 10,3 persen

(Catatan; Survei popularitas Cabup Sidrap dilakukan pada tingkat kepercayaan 95 persen dan variasi populasi 60:40 dengan sampling error 5 persen. Survei dilakukan kepada 440 responden di 220 RT yang terdistribusi secara acak, proporsional, luas dan merata di seluruh kecamatan, desa dan kelurahan)