SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Rabu, 13 Februari 2008

Ombak Besar, Kapal Barang Tertahan di Pelabuhan Parepare

Laporan: Alfiansyah Anwar

PAREPARE---Sejumlah kapal barang tujuan Kalimantan Timur tertahan di Pelabuhan Lontangnge, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Nakhoda kapal enggan berlayar karena cuaca buruk seperti gelombang tinggi dan badai.

Kapal pengangkut barang kebutuhan pokok seperti beras dan rempah-rempah ini sudah sepekan tertambat di pelabuhan Lontangnge. Akibatnya, barang kebutuhan pokok seperti beras yang sedianya dibawa ke Kalimantan Timur tertunda keberangkatannya.


Salah seorang Nakhoda KM Samudera, Ismail (38 tahun), mengaku sudah berusaha menjalankan kapal menuju pulau Kalimantan pada Selasa (12/2) lalu. Namun di tengah perjalanan, di sekitar perairan Polman, Sulawesi Barat dihantam gelombang tinggi. Ia pun memutar haluan menuju dermaga di Parepare.

“Dari pada kami dapat celaka di tengah laut, mending kami kembali ke Parepare menunggu cuaca membaik,” kata Ismail kepada Media Indonesia Kamis (14/2).

Ismail dan sejumlah nakhoda lainnya belum memastikan kapan akan berlayar. Mereka umumnya menunggu cuaca benar-benar membaik.

Para nakhoda dan pemilik kapal ini juga sudah mendapat peringatan dari Syahbandar setempat agar tidak melaut dalam satu pekan ke depan. Ini sesuai prediksi Badan Metereologi dan Geofisika (BMG) yang menyebutkan gelombang di perairan Sulawesi dan Kalimantan masih berbahaya untuk kapal berukuran kecil.