SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Rabu, 06 Februari 2008

Oknum LSM Memeras Direktur RSUD Nene Mallomo

Laporan: Syahlan

SIDRAP---Berkaitan dengan proses pemeriksaan yang Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nene Mallomo, Harman Haba dan Ketua LSM Formak Sidrap Abdul Karim oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidrap, sejumlah oknum yang mengtasnamakan Formak dan Harian ParePos, berusaha memeras Direktur RSUD Nene Mallomo Harman Haba.



Menurut Ketua Formak Abdul Karim, oknum tersebut meminta uang kepada staf RSUD Nene Mallomo sebesar Rp10 juta dengan imbalan laporan Formak di Kejari Sidrap akan dicabut. Selain mengatasnamakan Formak, oknum tersebut juga mengatasnamakan Harian ParePos, yang menjanjikan masalah tersebut tidak akan dikorankan.

“Tindakan mereka sangat merugikan kami. Masalah dalam proyek pengadaan Sistem Informasi Manajemen Kesehatan (SIM-K) RSUD Nene Mallomo kami munculkan, karena hal tersebut betul-betul merugikan keuangan negara, dan terindikasi kuat adanya penyelewengan dan pemborosan dana,” jelas Abdul Karim, yang juga berjanji akan mengusut siapa yang mendalangi upaya pemerasan tersebut. Lebih lanjut dijelaskan oleh Ketua Formak itu bahwa jika telah menemukan oknum yang bersangkutan akan mengadukannya kepada kepolisian, untuk diproses lebih lanjut.

Sementara berdasarkan pengakuan dari salah seorang staf di RSUD Nene Mallomo, dana yang diminta oleh oknum yang mengatasnamakan Formak dan ParePos itu, dana sebesar Rp10 juta itu akan dibagi oleh Formak dan Harian ParePos yang masing-masing mendapatkan Rp5 juta.

“Kita tidak pernah meminta apapun dari narasumber kita. Dan kejadian ini jelas-jelas merupakan pencemaran nama kami. Kita akan mengusut masalah ini sampai tuntas, apalagi kejadian seperti ini bukan yang pertama kalinya yang mengatasnamakan redaksi kami,” jelas Hamzah, wartawan Harian ParePos di Sidrap.

Sementara Direktur RSUD Nene Mallomo Sidrap, Harman Haba yang dikonformasi belum bersedia memberikan keterangan yang lebih rinci. Namun dia menjelaskan bahwa pihaknya memang pernah dimintai sejumlah uang oleh oknum yang mengatasnamakan LSM dan media massa.

”Untuk masalah permintaan sejumlah uang kepada kami yang berkaitan laporan Formak di Kejari Sidrap, saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan sejumlah staf. Tapi permintaan seperti itu biasanya tidak dilayani karena memang seringkali sejumlah oknum memanfaatkan situasi yang ada,” jelas Harman Haba. Namun demikian, Direktur RSUD Nene Mallomo tersebut meyakini bahwa Formak dan Harian ParePos tidak akan melakukan pemerasan terhadap pemerintah.