SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Kamis, 14 Februari 2008

LP2EM Libatkan Pijar Dalam Pelatihan Analisis Anggaran

Laporan: Arif Saleh

PAREPARE---Yayasan Lembaga Pengkajian Pengembangan Ekonomi dan MAsyarakat (LP2EM) bekerjasama The Asia Foundation (TAF) akan mengadakan pelatihan analisis anggaran dengan melibatkan wartawan yang tergabung dalam Perhimpunan Jurnalis (PIJAR) Ajattapareng, serta aktivis mahasiswa 16-17 Februari mendatang.

Direktur LP2EM Ibrahim Fattah mengatakan, pelatihan analisis anggaran tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para jurnalis dalam melakukan analisis anggaran dan tahapan penyusunan perencanaan anggaran dan penganggaran. “ Kita harapkan keterlibatan teman-teman di Pijar dan aktivis mahasiswa, itu bisa melakukan control social melalui pemberitaan terhadap implementasi program SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah),” harapnya.


Hasil pelatihan analisis, lanjutnya, bisa membuat jurnalis terampil menganalisa anggaran dan mengindentifikasi pemborosan anggaran di SKPD. “ Untuk kelancaran pelatihan ini, maka akan difasilitasi dua fasilitator dari PATTIRO Jakarta, “ ujarnya.

Sekertaris PIJAR Ajattapareng, Arifuddin Beddu, menyambut baik pelatihan yang melibatkan wartawan tersebut. Sebab selama ini, ia menilai banyak wartawan, kurang mengetahui tentang analisis anggaran. Sehingga perlu ada pengetahuan masalah analisis anggaran. “ Saya kira ini perlu untuk peningkatan SDM teman-teman wartawan, khususnya di PIJAR. Biar bagaimananpun, kita selalu bersentuhan dengan infomrasi mengenai anggaran. Sehingga dengan pelatihan ini, para wartawan juga mampu untuk menganalisa apakah sudah tepat sasaran atau disalahgunakan,” katanya.