SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Kamis, 31 Januari 2008

APBD 2008 Devisit Rp53 Miliar

Laporan: Arif Saleh

PAREPARE---Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Parepare 2008 yang disahkan di sidang paripurna DPRD, kemarin, mengalami devisit sebanyak Rp53 miliar dari total Pendapatan RP323 miliar.



Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Daerah (BPKD) Parepare, Yodi Haya, mengatakan divisit Rp53 miliar terjadi, karena pada saat pembahasan RAPBD ada yang belum dimasukkan. “ Nanti saat pembahasan baru dimasukkan anggaran yang menyebrang dari 2007 ke 2008. Termasuk pasar Lakessi Rp41 miliar dan pembangunan gedung DPRD sekitar Rp4 miliar. Dan itu diambil dari sisa perhitungan anggaran yang berjalan,” jelasnya kepada wartawan, kemarin.

Berdasarkan hasil pengesahan RAPBD menjadi APBD, total Pendapatan Rp323.489 miliar, mengalami peningkatan Rp2 miliar, dan Belanja Rp377 miliar mengalami peningkatan Rp14 miliar. Dari APBD tersebut, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp26.636 miliar, Dana Perimbangan Rp289 miliar dan Pendapatan Daerah yang sah, Rp7.9 miliar.

Wali Kota Parepare, Zain Katoe, mengharapkan agar APBD 2008 yang telah disahkan bisa mencapai hasil maksimal dengan dibarengi usaha yang sungguh-sungguh. “ Tak lupa juga saya sampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan masukan saat pembahasan RAPBD. Pembahasan RAPBD sangat melelahkan dan membutuhkan waktu yang lama. Mudahan-mudahan apa yang kita lakukan bisa terwujud,” harapnya saat memberikan sambutan dalam sidang paripurna pengesahan Ranperda APBD menjadi APBD 2008, kemarin.

Terpisah, Ketua DPRD Parepare, Muhadir Haddade, menilai APBD 2008 cukup berkualitas dan berpihak untuk kepentingan publik. Sebab saat pembahasan, pihaknya melakukan rasionalisasi terhadap usulan anggaran SKPD yang tidak menyentuh dan bermanfaat kepada masyarakat.