SELAMAT DATANG DI BLOG PERHIMPUNAN JURNALIS AJATAPPARENG (PIJAR). DAPATKAN BERITA AKTUAL SEPUTAR AJATAPPARENG DI BLOG INI. KARYA ANDA JUGA DAPAT DIMUAT, SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL pijarcomunity@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA

Selasa, 26 Februari 2008

Total Lods Untuk Tiga Pasar Baru 2084, Tiap Pasar mengalami penambahan Lods

Laporan: Hamzah

SIDRAP-- Dari pembangunan tiga pasar di Kabupaten Sidrap yang terdiri dari Pasar Tanru Tedong, Pasar Rappang dan Pasar Pangkajene rata-rata setiap pasar mendapat tambahan pembangunan lods di setiap pasarnya dari total lods dari ke tiga pasar tersebut mencapai 2084 lods.

Kepala Dinas Penadapatan daerah (Kadispenda), Drs A Irwan Bangsawan MSi yang ditemui diruang kerjanya Senin 25 Februari kemarin mengatakan bahwa jumlah tersebut secara rinci terdiri dari pasar Pangkajene sebanyak 848 lods, Pasar Rappang 536 lods dan Pasar Tanru Tedong 700 lods.



dari jumlah tersebut, menunjukkan adanya penambahan jumlah lods yang dibangun disetiap pasar. Untuk Pasar Pangkajene, sebut Irwan, dari jumlah lods di pasar lama sebanyak 432 lods menjadi 848 lods atau mengalami penambahan sekitar 416 lods. Hal sama juga terjadi di Pasar Rappang dari jumlah lods sebanyak 444 di psar yang lama bertambah sekitar 92 lods menjadi 536 lods secara keseluruhan.

Sementara untuk pasar Tanru Tedong dari jumlah lods 265 di psar sebelumnya mengalami penambahan sekitar 444 lods menjadi 700 lods secara keseluruhan.

"Selain pembangunan lods juga ada peningkatan pembuatan fasilitas pasar lainnya seperti bangunan kios dan pelataran, namun ada satu fasilitas di Pasar lama yang sudah tidak dibangun lagi di pasar baru ini yaitu gardu, itu sudah ditiadakan,"jelas Irwan Bangsawan.

Fasilitas lainnya yang tetap ada di pasar baru bahkan juga di tambah jumlah bangunannya adalah bangunan kios dari 89 banguan di pasar lama menjadi 180 untuk bangunan di pasar baru Tanru Tedong. Kemudian dari 30 bangunan kios di pasar lama untuk Pasar Rappang menjadi 256 di pasar baru. Begitu juga di pasar Pangkajene dari 71 bangunan kios di pasar lama menjadi 206 di pasar baru.

"Untuk pembangunan pelataran, dari 569 bangunan di pasar lama Pangkajene menjadi 986 pelataran di psar baru, terus untuk pasar Rappang dari 818 di pasar lama justru bangunannya menurun hingga hanya 816 pelataran, selanjuntya untuk Pasar Tanru Tedong dari bangunan lama jumlah pelataran hanya 521 bertambah hingga 854 pelataran,"sebut Irwan.

Dari peningkatan jumlah fasilitas pasar tersebut Kadispenda ini menyebutkan bahwa penambhasan tersebut akan diikuti oleh penambahan jumlah pedagang. Jika di psara Pangkajene dulunya hanya terdapat sekitar 1.112 pedagang maka di psar baru nantinya diprediksi akan meningkat mencapai 2.040 pedagang.

Selanjutnya di Pasar Rappang dari aekitar 1.331 pedagang dipasar lama di pasar baru nantinya kata Irwan bisa menampung sekitar 1.608 pedagang. Begitu juga yang terjadi di Pasar Tanru Tedong diperkirakan penambahan jumlah pedagang bisa mencapai seperdua dari pedagang di pasar lama. "Jika dulunya di Pasar Tanru Tedong hanya ada sekitar 903 pedagang maka kita perkirakan di pasar baru akan ditampung sekitar 1.734 pedagang.

Disinggung soal harga tiap lods dan kios di masing-masing pasar, Irwan Bangsawan mengaku belum bersedia untuk mebeberkan jumlah harga tersebut sebelum ada kepastian dalm bentuk Perda.

"Rancangan harga itu sebenarnya sudah ada baik itu harga lods maupun retribusi, namun itu masih dalam proses pembahasan untuk ditetapkan dalam bentuk perda, namun yang jelas bulan Maret mendatang kita akan segera melakukan sosialisasi harga,"jelasnya.